Zat - Zat Yang berbahaya bagi paru-paru

Dzikri
Advertisement


Para sahabat yang budiman kali ini saya akan membuat artikel tentang zat-zat yang berbahaya bagi paru –paru. Ini terinspirasi dari seorang teman saya yang menderita ganggguan pernapasan dan kemudian saya mengkonsultasikanya ke dokter ,dan inilah paparanya semoga bermanpaat bagi pembaca sekalian.
Meskipun memang banyak sekali zat-zat yang berbahaya yang mempengaruhi paru-paru kita seperti debu atau kadar lainya tapi dalam artikel ini saya akan menjelaskan hal-hal yang paling berbahaya saja.
Zat – Zat yang beerbahaya bagi paru-paru adalah sebagai berikut :

1.     Alkohol 

Para pembaca tentunya sudah tahu akan zat yang satu ini,alkohol adalah suatu zat ccairan yang mengandung zat etil yang di golongkan sebagai NAPZA,yaitu zat kimiawi yanag di masuksn kedalam tubuh manusia,baik di telan melalui mulut,atau di hirup melalui hidung maupun dengan cara di suntikan melalui jarum suntik ke dalam saluran darah atau urat darah.Tahukah sahabt semua bahwa zat seperti ini dapat mengubah pikiran,suasana hati/perasaan,dan prilaku seseorang yang tadinya normal menjadi tidak normal.
Penggunaan alkoholtidak hanya berakibat pada kerusakan hati dan penyebab kanker saja,melainkan juga bisa berdampak pada organ  pital kita yaitu paru-paru.Dengan mengkonsumsi alkoholmaka akan menggangu pada kadar protein yanng terdapat di luar jaringan paru-paru. Nah dengan terjadinya hal tersebut maka akan memperpendek fungsi protektipdari anti oksidan ,dapat mempengaruhi sistem ketahanan imun  dan memicu suatu kondisi yang di sebut ALCOHOLIC LUNG.
Seorang penderita alcoholic lung ternyata memiliki kadar glutation yang lebih rendah,nah glutation itu sendiri adalah suatu zat anti oksidan yang membantu melindungi paru-paru dari reaksi oksidasi dan toksik.
Nah proses perjalanan alkohol itu sendiri berjalan di tubuh kita melalui proses sebagai berikut :
1.       Melalui Mulut

Alkohol di minum oleh kita dan langsung masuk e perut.

2.       Perut atau usus besar.

Sebagian kecil dari alkohol menembusdidnding perut dan masuk ke aliran darah,tetapi sebagian besar masuk ke usus kecil.

 
3.       Melalui peredaran darah.

Darah yang telah mengandung alkohol ,kemudian di ppompa oleh jantung keu semua bagian tubuh.

4.       Masuk ke otak

Bersama aliran darah alkohol akan sampai ke otak.

5.       Masuk ke Hati

Alkohol akan di bakar oleh hati dengankecepatan 1 ons/jam,kemudian di proses dan mengubah alkohol menjadi air, yang kemudian di kelluarkan melalui air seni,keringat,dan karbon dioksida melalui pernapasan.


2.       Paru-paru hitam yang terjadi akibat olahan batu bara.


a. Penyebab terjadinya paru-paru hitam.
Paru-paru hitam terjadi akibat terhirupnya serbuk batu bara dalam jangka waktu yang lama.

b. Gejala yang timbul
Gejalanya biasanyabatruk menahun dan mudah sesak napas karena merka juga menderita empisema ( karena merokok ) atau bronhitis  (karena merokok dengan kondisi polutan industri toksik lainya ).

c. Cara mendiagnosisnya.
Diagnosis dilakuikan dengan cara merontgen paru-paru pada dada dan res fungsi paru – paru.

d. Cara pengobatan.
Sebenarnya tidak ada pengobatan khusus untuk penyakit ini ,selai dengan caramengobati komplikasinya yaitu tuberkulosis paru.

 
e.Pencegahan
Jelas sekali bahwa pencegahanya ya dengan menghindari debu batu bara pada lingkungna kerja dengan memakai masker atau alat lainya.
Semoga saja artikel ini bisa bermanfaat bagi pembaca sekalian dan kalau ada saran ,kritik dan pertanyaan silahkan tinggalkan melalui kolom komentar, Terimakasih....

0 comments:

Post a Comment

Translate