Karakter Guru Yang Di Sukai Siswa

Dzikri
Advertisement



Guru merupakan jabatan atau profesi yang mulia,mulia dalam berarti fungsi dan kegunaanya,Sangat penting bagi guru untuk mengetahui Karakter Guru Yang di Sukai Siswa .Dengan adanya guru maka lahirlah seorang pejabat,pengusaha ,seniman artis dan sebagainya. Jadi guru lah yang paling mendominasi semua itu dan merupakan titik tumpu terhadadap tercapainya berbagai macam profesi. 

Tetapi meskipun demikian sama halnya dengan profesi lain ,seorang guru juga manusia punya berbagai macam kelemahan dan kelebihanya,maka hendaklah seorang guru untuk terus belajar dan belajar agar bisa menjadi guru yang lebih baik lagi bagi murid-muridnya.
Dan untuk menjadi guru itu sendiri memang bukan sesuatu yang mudah ada persyaratan khusus yang harus di penuhi,Misalnya dari jenjang pendidikan atau ketentuan ketentuan lainnya yang di kreluarkan oleh lembaga yang berwenang misalnya yayasan dll.

Dan setelah ada persyaratan itu baru anda bisa menjadi seorang guru,dan ketika anda menjadi guru maka tugas anda adalah anda harus di sukai oleh murid-murid anda ,kenapa demikian karena ketika murid/siswa menyukai anda maka akan sangat mudah bagi anda untuk memasukan ilmu apapun pada otak mereka.

Dan berikut ini saya akan bagikan kepada anda Karakter Guru Yang di Sukai Siswa  yang saya ambil dari berbagai sumber. karakter seperti apa yang di sukai oleh siswa,Berikut ulasannya :


  • 1. Sangat menguasai materi pelajaran yang di pegang.
Ma’af  kata apabila ini mungkin sedikit menyinggung perasaan anda, tapi poin yang saya maksud ini adalah ketika seorang guru yang memegang pelajaran A dan memang ahli di bidang A misalnya tapi karena situasi tertentu  guru itu malah memegang pelajaran B maka secara otomatis penguasaan materi nya akan berkurang dan ini akan berdampak bagaimana cara guru itu mengajar yang memang bukan keahlianya. Jujur, kita pasti pernah menemukan sosok guru yang sedang menyampaikan bahan ajar di depan kelas dengan bolak-balik melihat ke buku atau catatan yang ada di mejanya. Menurut anda, bagaimana penilaian siswa terhadap guru yang demikian?

  • 2. Humoris
Adakalanya di sela  kepenatan proses KBM seorang guru harus  menyempatakn untuk mengeluarkan candaan atau guyonan ynga di usahakan masih berhubungan dengan materi /pelajaran yang dia sampaikan. Kenpa ini perlu ? karena jika dalam penyampaian materi
ajar yang dilakukan guru terlalu serius maka yang terjadi adalah siswa menjadi bosan. Akibatnya tujuan pembelajaran yang telah dicanangkan bisa-bisa tidak tercapai. Selingi dengan humor ringan ketika anda menyampaikan materi yang serius agar pembelajaran menjadi mengasyikkan dan siswa anda tetap fresh.dan ini kan membuat siswa menyukai anda.

  • 3. Selalu tersenyum
Bukan hanya kita seorang guru yang suka di sapa oleh siswa di iringi senyumanya,siswa juga paling suka kepada guru yang mudah tersenyum. Lebih menyenangkan lagi jika senyuman tersebut diselingi dengan sapaan. Guru yang ‘mahal’ senyum akan terkesan sangar dan sudah pasti tidak disukai siswa. Satu pesan buat anda, walaupun siswa suka dengan guru yang mudah tersenyum, jangan terlalu mengumbar senyum apalagi sampai senyum-senyum sendiri tanpa ada orang lain di sekitar anda , takut di kirain..........ha..ha.. anda pasti tahu jawabannya.

  • 4. Mampu menjawab persoalan dengan sempurna.
Jangan sampai terjadi seorang guru bingung ketika muridnya bertanya,duh malu banget tuh.. Maka dari itu persiapkan diri anda sebaik mungkin sebelum masuk kelas untuk mengajar, cari sumber buku2 lain yang mendukung akan materi yang akan anda ajrkan agar senantisa pengetahuan kita terus bertambah. Dan tidak akan bingung ketika ada anak yang bertanya .

  •  5. Berpenampilan Menarik dan Cooll
Tentang yang satu ini pati anda tahu yang saya maksudkan,menarik di sini bukan berarti harus berwajah tampan atau cantik,menarik disini yaitu dari pakaian kita yang selalu rapi dan serasi dengan harinya,memakai sedikit wewangian.dan usahakan jangan membawa masalah kita di rumah ke sekolah karena ini akan sangat berpengafruh terhadap gaya anda dan mood anda.

  • 6.Sesekali menerapkan pola mengajar dengan cara yang berbeda Misal Bentuk Permainan
Ini penting sekali untuk membuat siswa tidak bosan,kalau misalnya anda belum menemukan cara atau belum mampu melakukan teknik yang tepat , sekurang-kurangnya sekali dalam seminggu ajak keluar semua siswa anda. Sebagai tahap awal lakukan proses pembelajaran dengan suasana santai misalnya di bawah pohon. Sayangnya cara seperti ini hanya sesuai untuk jumlah siswa yang relatif sedikit.

  • 7. Periksalah setiap PR atau Tugas yang telah diberikan
Kadang masalah ini sering di sepelekan oleh kebanyakan guru, karena lupa memberiksa tugas yang di berikan atau memang sengaja tidak di perikasa.dengan tidak memeriksa tugas yang anda berikan itu sama artinya dengan anda menyepelean mereka dan ini tidak baik untuk wibawa anda di depan murid- murid,Selalu periksa setiap tugas yang anda berikan kepada siswa, jangan menunda, walaupun kerja tersebut terasa memuakkan. Hargai jerih payah mereka. Berikan pujian dan penghargaan yang wajar kepada siswa anda yang berhasil menyelesaikan tugasnya dengan baik. Jangan sekali-kali menghinanya dengan mengatakan langsung kepadanya bahwa dia ‘kamu bodoh’ ketika hasil kerjanya tidak benar, penyebabnya bisa jadi mungkin saja penyampaian anda belum bisa di pahami dengan baik oleh siswa.

  • 8. Disiplin dan Bertanggung jawab
Memang kata ini gampang di ucapkan tapi sulit untuk di terapkan,bertanggung jawab di sini bisa saja dalam hal ketika anda datang terlambat ke kelas mak cepat cepatlah minta maaf atau biarkan siswa yang memberikan sanksi kepada anda,ini akan jauh lebih membuat anda berwibawa jika melakukan kesalahan akuilah dengan segera sebelum orang lain membukanya,.Dengan meminta maaf tidak menurunkan wibawa anda sebagai guru. Beritahukan alasan anda dengan rasa menyesal dan jujur ketika anda tidak dapat mengisi kelas atas sebab tertentu. Jadilah guru yang dirindukan siswa anda, dihormati siswa anda, hindari menjadi guru yang dii takuti siswanya.

Nah mungkin itu saja artikel tentang Karakter Guru Yang di Sukai Siswa  yang bisa saya sampaikan ,tentu saja masih banyak karakter guru yang lain yang pasti lebih di sukai oleh siswanya.saya tunggu saran dan komentar anda .
Terimakasih

0 comments:

Post a Comment

Translate