Hal-hal Yang menjadi Penyebab anak berperilaku keras kepala dan suka melawan orangtua

Dzikri
Advertisement

Prilaku anak yang tidak baik memang sangatlah di takuti oleh para orang tua, maka berbagai macam usaha terus di lakukan baik melalui sekolah pesantren dan sebagainya.oleh karena itu sangatlah baik bagi para orang tua untuk terus memperhatikan perkembangan anaknya,dari mulai anak remaja sampai dewasa.

Tapi kadang dengan berbagai usaha masih saja ada prilaku anak yang melawan orang tuanya,berbuat onar dan sebagainya dan tahukah anda inilah Hal-hal Yang menjadi Penyebab anak berperilaku keras kepala dan suka melawan orang tua  :


  • Dari sikap diskriminasi dari orang tua,
Pemaksaan kehendak biasanya kerap terjadi pada orang tua jaman modern sekarang ini tanpa melihat dulu sisi baik dan burunya pada anak.. Ini terjadi karena biasanya sebagai orang tua  merasa serba tahu apa yang terbaik untuk anak dan apa yang harus dilakukan anak. Orangtua meyakini bahwa untuk berhasil dalam membimbing, mengarahkan perilaku, dan mendidik anak sehingga menjadi anak yang baik diperlukan cara-cara yang tegas dan keras. Anak yang merasa terus ditekan atau dipaksa dan merasa tidak mampu memenuhi semua keinginan orangtua pada akhirnya akan menunjukkan sikap melawan.


  • Berkomuniksai  kepada anak di saat yang tidak tepat.
Berkomunikasi merupakan sesuatu yang sangat penting bagi anak,jangan sampai anak merasa di cuek-kan atau di biarkan tanpa adanya perhatian. Tetapi kadang2 kesalahan dalam berkomunikasi juga sangat berpengaruh terhadap prilaku anak ,misalnya orang tua meminta anak melakukan sesuatu, padahal anak tengah asyik bermain atau menikmati aktivitas kesukaannya. Anak pun merasa terganggu dengan permintaan orangtuanya tersebut. Dalam kondisi seperti ini, anak biasanya akan mengabaikan permintaan orangtuanya, menunda melaku¬kannya, atau langsung menolaknya. Jika orangtua terus memaksa, sangat mungkin akan terjadi ketegangan atau konflik dengan anak. Dan dalam hal ini hendaknya para orang tua berpikir bijak, karena masa anak- anak terutama remaja memang masa yang sangat paling rentan dan bagi mereka para remaja selalu menunjukan sikap prilaku ingin tahu terhadap sesuatu hal,yang kadang bisa berakibat tidak baik bagi mereka.


  • Tidak terpenuhinya keinginan anak.
Biasanya ini terjadi pada anak –anak yang sudah terkontaminasi dengan pergaulan luar yang luas. anak pun kemudian menunjukkan perilaku keras kepala atau suka melawan orangtua. Anak melakukan ini untuk mencari perhatian orangtua dan sebagai cara untuk menyampaikan protes. Anak berharap dengan perubahan perilaku yang ditunjukkannnya, orang tua mau memenuhi keinginannya.istilahnya “Ngadat “ merupakan senjata mereka agar keinginannya terpenuhi.


  • Kurang bimbingan dan perhatian pada anak.
Jika orang tua terlalu sibuk dengan pekerjaannya atau memang orangtua kurang mampu memberi perhatian dan didikan yang sangat dibutuhkan anak ,maka bisa di pastikan anak akan berprilaku keras dan suka melawan.


Ya mungkin itu saja yang bisa saya bagikan semoaga  artikel mengenai Hal-hal Yang menjadi Penyebab anak berperilaku keras kepala dan suka melawan orangtua bermanfaat bagi anda semua .amin

Terimakasih dan saya tunggu komentarnya di kolom komentar. 

0 comments:

Post a Comment

Translate